FFI 2017     Pemenang    Juri    Nominasi    Panitia     FAQ

FAQ Penjurian FFI 2017


Dalam FFI 2017, seluruh proses penjurian diserahkan sepenuhnya kepada Organisasi Profesi Perfilman (asosiasi) dan Organisasi Kegiatan Perfilman (komunitas). Rekomendasi calon nominasi diberikan oleh organisasi-organisasi tersebut melalui penilaian internal atau yang mereka tentukan sendiri mekanismenya. Organisasi-organisasi tersebut kemudian mengajukan anggotanya untuk menjadi juri yang memilih pemenang.
Tidak. Penilaian dalam FFI 2017 tidak lagi berdasarkan pendaftaran film. Panitia akan menerbitkan daftar film cerita panjang yang diputar, baik di bisokop maupun di gedung pertunjukan nonbioskop, secara berbayar, untuk dinilai. Sementara daftar film pendek, film animasi, dan film dokumenter yang dinilai diserahkan sepenuhnya kepada Organisasi Kegiatan Perfilman yang ditunjuk melakukan penilaian.
Produser atau pembuat film cerita panjang yang filmnya belum tercantum dalam daftar bisa memberitahu panitia, disertai keterangan waktu pertama penayangan filmnya, dan akan dimasukkan dalam daftar tersebut.
Produser film yang ingin filmnya dinilai dapat mengadakan pemutaran khusus secara berbayar untuk publik dengan mengundang Organisasi Profesi Perfilman, dan melaporkan kegiatan itu kepada panitia agar filmnya dapat dimasukkan dalam daftar tersebut di atas. Namun, jika telah menjadi film terseleksi jika film tersebut perlu dipertunjukkan kepada publik, film tersebut harus memenuhi ketentuan umum yang berlaku.
Organisasi Profesi/Kegiatan Perfilman mengupayakan sendiri film-film yang dinilai dan menentukan sendiri prosedur seleksi internal sebelum mengajukan hasil seleksinya. Panitia kemudian akan melakukan verifikasi informasi dan kesediaan dari film tersebut pada produser/perusahaan produksi serta kelengkapan STLS (Surat Tanda Lulus Sensor) sebelum mengumumkan hasil seleksi.
Seleksi dilakukan melalui proses seleksi internal. Organisasi Profesi/Kegiatan Perfilman kemudian merekomendasikan 3 (tiga) sampai 5/7 (lima/tujuh) judul dan unsur film untuk ditetapkan sebagai Nominasi.
Tidak. Seluruh mekanisme seleksi diserahkan pada Organisasi Profesi/Kegiatan Perfilman yang ditunjuk. Namun Panitia akan melakukan kompilasi dan membuat rilis resmi nominasi FFI 2017
Panitia memberikan visi dan kriteria penjurian FFI 2017 sebagai pedoman. Mekanisme memilih sepenuhnya adalah tanggung jawab Organisasi Profesi/Kegiatan. Ini merupakan kesempatan bagi setiap asosiasi dan komunitas untuk mengajukan film-film Indonesia terbaik yang menjadi standar tertinggi kualitas film Indonesia.
Panitia akan mengumumkan jumlah juri dari usulan Organisasi Profesi/Kegiatan Perfilman sesuai dengan kriteria dan kategori penjurian. Jika dipandang perlu Panitia dapat menunjuk anggota juri mandiri.
Setelah nominasi diumumkan, juri akan mendapat akses untuk menonton film-film nominasi. Setiap juri bertanggung jawab untuk menonton film-film nominasi dan memasukkan pilihannya pada waktu yang ditentukan secara online.

a. FILM TERBAIK

b. PENGARAH SINEMATOGRAFI TERBAIK

c. PENATA MUSIK TERBAIK

d. PENATA SUARA TERBAIK

e. PENATA EFEK VISUAL TERBAIK

Rekanan Media



A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: