Film
Bagus
Citra
Indonesia

Film Bagus
Citra Indonesia

Beranda » Kabar

Piala Citra 2019: Seleksi oleh Tim Kurator





Jakarta 23 September 2019. Tahun ini Piala Citra memakai sistem penilaian baru yang melibatkan kurator yang dibentuk khusus melakukan seleksi di kategori Film Cerita Panjang. Tim kurator terdiri dari  7 orang perwakilan dari profesi Jurnalis, Akademisi, dan Praktisi Perfilman Indonesia.

Setelah menerima konfirmasi akhir pada tanggal 22 September 2019, terbentuklah 7 kurator yang akan menghasilkan Daftar Hasil Kurasi (Short List) untuk film cerita panjang. Mereka adalah Nungki Kusumastuti, Lisabona Rahman, Hera Diani, Prima Rusdi, Tam Notosusanto, Makbul Mubarak dan Rangga Wisesa. Tim Kurator ini melakukan proses seleksi film pada periode 23 September - 23 Oktober 2019.

Tim kurator sendiri memiliki kebijakan untuk menandai film-film yang telah ditonton langsung di bioskop  dalam 1 tahun terakhir, dan layak masuk Daftar Hasil Kurasi. Tautan materi streaming film-film tersebut juga akan disediakan secara bertahap oleh panitia penjurian Piala Citra 2019.

Ketentuan film-film yang dapat masuk dalam Daftar Hasil Kurasi (shortlist) Film Cerita Panjang Piala Citra 2019 diantaranya yaitu film cerita memiliki durasi minimal 70 (tujuh puluh) menit, film harus memiliki Surat Tanda Lulus Sensor (STLS), film diproduksi oleh perorangan atau Perusahaan Film Indonesia atau Badan Hukum Indonesia lainnya, baik secara sendiri atau bekerjasama dengan perusahaan/Badan Hukum Indonesia/ atau Badan Hukum Asing, film disutradarai oleh Warga Negara Indonesia, dan sebagian besar unsur kreatif dikerjakan oleh Warga Negara Indonesia, semua unsur yang menjadi objek penilaian adalah Warga Negara Indonesia, film telah dipertunjukkan untuk umum melalui layar lebar di wilayah Republik Indonesia, baik bioskop maupun gedung pertunjukan nonbioskop, antara tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan 30 September 2019, film tersebut belum pernah diikutsertakan pada Piala Citra sebelumnya. Film-film yang telah lolos seleksi di kategori film cerita panjang tersebut akan masuk dalam Daftar Hasil Kurasi (shortlist) sebanyak maksimal 50 judul.

Selain tim kurator untuk kategori film cerita panjang ada juga tim kurator untuk kategori Film Pendek, Film Dokumenter, & Film Animasi. Tim kurator ini terdiri dari perwakilan organisasi/ festival/ komunitas film-film pendek/ dokumenter/ animasi yang terlibat aktif mengadakan kegiatan dan terbukti konsistensinya di perfilman Indonesia. Untuk tahun ini sendiri Piala Citra melibatkan 3 organisasi Film Pendek, 3 organisasi Film Dokumenter, dan 2 organisasi Film Animasi. Setelah menerima konfirmasi akhir pada tanggal 22 September 2019, berikut ini adalah nama-nama kurator dari Perwakilan Organisasi/ Festival/ Komunitas untuk Kategori:

  1. Film Cerita Fiksi Pendek: 

1. Organisasi boemboe : Lulu Ratna

2. Minikino : Fransiska Prihadi

3. JAFF : Yustinus Kristanto

 

  1. Film Dokumenter

1. FFD : Alia Damaihati

2. Indocs : Amelia Hapsari

3. SoDoc : Dimas Erdhinta Pratama Putra

 

  1. Film Animasi:

1. HelloFest : Wahyu Aditya

2. Ucifest : Christian Aditya

 

Ketentuan film-film yang dapat masuk dalam Daftar Hasil Kurasi (Short List) Piala Citra kategori Film Cerita Fiksi Pendek, Film Dokumenter, & Film Animasi yaitu durasi untuk kategori Film Cerita Fiksi Pendek dibawah 60 menit, untuk durasi kategori Film Animasi pendek berkisar dibawah 40 menit dan untuk Film Animasi panjang berkisar di atas 60 menit yang telah ditayangkan di bioskop. Ketentuan lainnya hampir sama dengan ketentuan untuk film kategori Film Cerita Panjang. Setiap Kurator pada kategori ini mengeluarkan Daftar Hasil Kurasi (shortlist) maksimal 20 judul yang telah disebarkan kepada publik pada tanggal 25 Oktober 2019.

Berikut daftar pendek pilihan tim kurator Piala Citra 2019 Kategori Film Panjang:

27 Steps Of May

6,9 Detik

A Man Called Ahok

Ambu

Antologi Rasa

Asal Kau Bahagia

Ave Maryam

Bebas

Bumi Manusia

Danur 3: Sunyaruri

Doremi & You

Dreadout

Dua Garis Biru

Ghost Writer

Gundala: Negeri Ini

Butuh Patriot

Hit N Run

Horas Amang

If This Is My Story

Iqro My Universe

Keluarga Cemara

Kucumbu Tubuh Indahku

Kuntilanak 2

Laundry Show

Mahasiswi Baru

Mama Mama Jagoan

Mantan Manten

Milly & Mamet: Ini

Bukan Cinta & Rangga

My Stupid Boss 2

Orang Kaya Baru

Perburuan

Pocong The Origin

Preman Pensiun

Rumah Merah Putih

Si Doel The Movie 2

Terlalu Tampan

Twivortiare

Yo Wis Ben 2

Zeta

 

Berikut daftar pendek pilihan tim kurator Piala Citra FFI 2019 Kategori Film Animasi Pendek:

Bad Hair Day

Catus Pocus

Dewi Sartika - Perempuan Indonesia

(Im)Mortal Theatre

Krayon Biru

Pgri 6 Kwan

Binus University 7 Life Of Death

Main

Nussa Bisa

Rancak

S(H)Aring

Sepenggal Kenangan

Slice Of Life

Social Awkward

Tentickles

The Lost Light

Binus University 17 Trashure

Umn (Luckyleaf Studio)

Tukik

Unstring Your Heart

Rus

Utan Rambutan



Tags: seleksi nominasi kurator
Bagikan kabar ini