Film
Bagus
Citra
Indonesia

Film Bagus
Citra Indonesia

Beranda » Kabar

Asosiasi Profesi Telah Menentukan Daftar Nominasi





Jakarta, 20 September 2019. Proses penyeleksian film yang akan masuk dalam Nominasi Piala Citra tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, beberapa tim telah dibentuk untuk melakukan proses penyeleksian yang terdiri dari beberapa tahapan baru. Proses pertama yaitu penyeleksian dari kurator film yang terdiri dari 7 orang dari berbagai profesi yaitu akademisi, jurnalis, dan pekerja film. Setelah kurator selesai menyeleksi film-film yang telah lulus sensor dan sudah ditayangkan di bioskop Indonesia, film tersebut kemudian akan dikerucutkan lagi menjadi daftar pendek berisi 30-50 film. Film-film terpilih ini kemudian akan dinilai oleh asosiasi profesi untuk menetapkan nominasi dalam beberapa kategori.

Asosiasi Profesi yang telah melakukan seleksi terhadap film-film Indonesia yang dianggap layak untuk masuk dalam Nominasi Piala Citra 2019 terdiri dari beberapa Asosiasi Perfilman di Indonesia yaitu: Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI), Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Karyawan Film Dan Televisi Indonesia (KFT), Indonesian Film Directors Club (IFDC), Indonesian Cinematographer Society (ICS), Indonesian Film Editors (INAFED), Indonesian Production Designers (IPD), Indonesian Motion Picture Audio Association (IMPACT), Penulis Indonesia Untuk Layar Lebar (PILAR), Rumah Aktor Indonesia (RAI), Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Persatuan Artis Film Indonesia 1956 (PARFI1956), Perkumpulan Artis Film Indonesia (PARFINDO), Asosiasi Casting Indonesia (ACI).

Setelah proses seleksi dari Asosiasi Profesi selesai dilakukan, film yang terpilih kemudian akan masuk dalam tahapan voting untuk ditentukan sebagai pemenang. Pelaku proses voting ini merupakan anggota FFI yang sudah mengonfirmasikan dirinya untuk mengikuti voting pada tahun ini. Film yang masuk dalam nominasi Piala Citra 2019 sendiri akan diumumkan pada tanggal 12 November 2019.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1955, Festival Film Indonesia (FFI) digagas sebagai barometer perkembangan kualitas perfilman Indonesia. Melalui berbagai penghargaan yang diberikan, publik dan kalangan perfilman sendiri bisa membaca pencapaian terbaik yang dihasilkan pekerja film tanah air selama setahun terakhir.

Berikut adalah nama mereka yang mewakili asosiasi profesi untuk memilih daftar nominasi Piala Citra 2019:

APFI
Chand Parwez Servia
Reza Servia
Putut Widjanarko
Ody Mulya Hidayat
Celerina Tjandra Judisari

APROFI
Fauzan Zidni
Sheila Timothy
Linda Gozali
Wulan Guritno
Yulia Evina Bhara

KFTI
Karsono Hadi
Embi C. Noer
Teuku Rusian
Hadi Artomo
Sentot Sahid
Handy Ilfat Ibrahim

IFDC
Sekar Ayu Asmara
Pritagita Arianegara
Affandi AR
Chandra Endroputro
Agus Nugroho

ICS
HM Soleh Ruslani
Agni Ariatama
Bambang Supriadi

INAFED
Arturo GP
Sastha Sunu
Dewi S. Alibasah
Wawan I. Wibowo
Yoga Krispratama

IPD
Adrianto Sinaga
Allan Triyana Sebastian
Eros Eflin
Oscart Firdaus
Vida Sylvia Pasaribu

IMPACT
Bemby Gusti
Ricky Lionardi
Thoersi Argeswara
M. Ichsan Rachmaditta
Wahyu Tri Purnomo
Yusuf A. Patawari
Yudhi Arfani

PILAR
Jenny Jusuf
Sammaria Simanjuntak
Alim Sudio
Robert Ronny
Samsul Hadi
PILAR Sudah mengirim rekomendasi Nominasi

RAI
Verdi Solaiman
Teuku Rifnu Wikana
Dian Sastrowardoyo
Donny Damara
Dewi Irawan

PARFI 56
Ferenc Raymond Sahetapy
Dennis Adishwara
Rahman Yakob
Yayu Unru
Marcella Zalianty



Tags: kabar asosiasi
Bagikan kabar ini