Manado Jadi Lokasi Malam Puncak FFI 2017




Oleh: Mazda Radita
22 September 2017

Manado dipilih sebagai penyelenggara malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2017 pada 11 November 2017. Pemilihan Manado sebagai tempat malam puncak FFI sebagai pesan bahwa film saat ini tengah mulai berfokus pada daerah, tidak hanya berpusat di Jakarta dan sekitarnya.

Landasan tersebut mengingat bahwa beberapa tahun belakangan film Indonesia mengangkat beberapa lokasi di daerah, serta film Indonesia makin berkembang di daerah-daerah. Ketua FFI 2017 Leni Lolang menjelaskan bahwa pemilihan Manado juga didukung dari segi pembaruan film di Manado yang dinilai sangat baik.

Selain itu, pemilihan Manado sebagai lokasi malam puncak FFI 2017 juga berasal dari kesepakatan bersama antara panitia dan pemerintah daerah. "Pemerintah Sulawesi Utara pun menginginkan FFI diselenggarakan di Manado, ungkap Leni.

Meskipun banyak pelaku perfilman berada di Jakarta, Leni menyatakan bukan menjadi masalah. Dia bersama tim panitia FFI 2017 serta pemerintah Sulawesi Utara akan memberikan hasil yang maksimal. Kita coba maksimalkan untuk semua undangan dan nominasi datang ke Manado, sebab selaiknya pemenangnya yang menerima bukan perwakilannya," kata Leni.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menyatakan bahwa ini sebagai saatnya pemerintah daerah juga ikut berpartisipasi dalam perkembangan industri film Indonesia. "Saya pun senang sebab pemerintah daerah juga sudah mulai mengapresiasi, dan ini terbukti dengan Sulawesi Utara sudah berani menggadakan FFI tahun ini," kata Hilmar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menyambut dan mengapresiasi pemilihan Manado sebagai tuan rumah malam puncak FFI 2017. "Kami sambut di Manado, selamat datang di Manado, dan kita tunggu kehadirannya pada November nanti," kata Steven Kandouw.

Kabar Terkait

Card image cap

Komunitas Ambil Alih Seleksi Film Fiksi Pendek dan Dokumenter

Tahun 2017, Festival Film Indonesia mulai berbenah prihal sistem penjurian.

Selengkapnya
Card image cap

Gagasan dalam film jadi penilaian utama juri FFI 2017

(Beritagar) Ada yang berbeda dalam Festival Film Indonesia tahun ini.

Selengkapnya
Card image cap

Visi Penjurian FFI 2017: Legitimasi sebagai Pencapaian Tertinggi Film Indonesia

Sebagai ajang penganugerahan insan film paling legendaris di Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) 2017 berupaya memperkuat legitimasi sebagai pencapaian tertinggi film Indonesia.

Selengkapnya