FFI 2017 Usung Tema Keragaman




Oleh: Mazda Radita
22 September 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengusung tema keragaman Indonesia. Tema tersebut dipilih sebagai upaya FFI untuk terlibat dalam isu sosial dan toleransi yang sedang hangat di masyarakat Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid yang menyatakan bahwa FFI 2017 akan mengangkat masalah sosial yang memang sedang didengungkan akhir-akhir ini. Ini akan jadi pernyataan keragaman sebab ini isu yang penting di situasi seperti ini, kata Hilmar.

Sebagai tolok ukur pencapaian perfilman Indonesia, FFI ingin menunjukkan bahwa film juga terlibat dan mengangkat keberagaman. Hilmar menyatakan bahwa FFI 2017 adalah festival film yang istimewa karena dari film-film yang ditampilkan menunjukkan keragaman Indonesia.  "Di tengah isu intoleransi yang menerpa saat ini, FFI merupakan cara menunjukkan keragaman kita. Film-film kita sangat beragam. FFI bukan sekadar festival film, tetapi pernyataan tentang keragaman kita," jelas Hilmar.

Pemilihan Manado sebagai tempat penyelenggaraan puncak acara pada 11 November 2017 bukan tanpa alasan. Pemilihan tempat ini merupakan wujud keragaman yang ingin ditunjukkan FFI tahun ini, bahwa penyelengggaraan perfilman tidak hanya berpusat di Jakarta saja.

Penunjukan tempat di Manado juga sebagai penegasan tentang partisipasi seluruh elemen masyarakat. Hal tersebut seperti yang ditegaskan Hilmar bahwa FFI bukan hanya milik penggiat film saja, namun masyarakat juga memiliki andil besar dalam penyelenggaraan FFI.

Kabar Terkait

Card image cap

Tantangan & Solusi Penjurian FFI 2017

Festival Film Indonesia (FFI) akan kembali digelar di tahun 2017 ini.

Selengkapnya
Card image cap

Memaksimalkan Asosiasi Profesi untuk FFI yang Inklusif

Untuk memaksimalkan proses penilaian dan penyelenggaraan, Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memberlakukan sistem baru.

Selengkapnya
Card image cap

Tidak Adanya Komite Seleksi dalam Penjurian FFI 2017

Penjurian dengan sistem komite seleksi telah lama menjadi mode penjurian yang begitu melekat sepanjang sejarah Festival Film Indonesia (FFI).

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: