Ketua FFI 2017: FFI 2017 Menyebarkan Pesan Keragaman yang Indah




Oleh: Shadia Pradsmadji
22 September 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengangkat keragaman sebagai tema besarnya. Menurut Leni Lolang, Ketua FFI 2017, FFI tahun ini hendak menyebarkan pesan bahwa keragaman adalah sesuatu yang indah dan membuat bangsa Indonesia kaya. Hal tersebut juga selaras dengan apa yang diungkapkan oleh presiden, meskipun hal tersebut bukanlah alasan utama mengapa FFI tahun ini mengangkat tema keberagaman. 

Leni menyebutkan bahwa tema keberagaman pas dengan film-film Indonesia yang dirilis tahun ini yang banyak mengangkat keragaman serta perbedaan yang ada dalam masyarakat. Kita lihat saja dari film-film kita sekarang. Film-film Indonesia tahun ini kan mengangkat itu, kata Leni. 

Film-film tahun ini memang banyak yang mengangkat isu perbedaan dan keragaman, mulai dari cerita kehidupan etnis Tionghoa seperti pada film Cek Toko Sebelah sampai cerita para kaum Muslim yang telah diangkat oleh banyak film. Menurutku itu keberagaman, dan itu harus ditularkan bahwa kita mencintai semuanya. Orang film bukan dari satu golongan, ujar Leni.

Sementara itu, Leni menambahkan bahwa untuk tema penjurian itu sendiri tidak berbatas dan bersifat terbuka. Hal ini karena FFI menganggap bahwa dalam penjurian, semua karya berhak untuk dinilai. Jika penjurian diberikan tema, Leni menganggap hal tersebut sebagai sebuah pembatasan, sehingga hal tersebut bertentangan dengan prinsip yang dipegang FFI. Ini adalah perhelatan seluruh orang film, sambung Leni.

Kabar Terkait

Card image cap

Manado Jadi Lokasi Malam Puncak FFI 2017

Manado dipilih sebagai penyelenggara malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2017 pada 11 November 2017.

Selengkapnya
Card image cap

Demi Jadi Tuan Rumah FFI 2017, Sulut Bersedia Naikkan Anggaran Lima Kali Lipat

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia (FFI) pada 11 November 2017 nanti.

Selengkapnya
Card image cap

Visi Penjurian FFI 2017: Legitimasi sebagai Pencapaian Tertinggi Film Indonesia

Sebagai ajang penganugerahan insan film paling legendaris di Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) 2017 berupaya memperkuat legitimasi sebagai pencapaian tertinggi film Indonesia.

Selengkapnya