FFI 2017 Menggunakan Sistem Baru




Oleh: Mazda Radita
22 September 2017

Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2017 merancang sistem baru yang mendorong peningkatan kualitas film Indonesia untuk jangka panjang. Sistem ini diharapkan menguatkan unsur-unsur perfilman, sehingga FFI berikutnya secara bertahap dapat berlangsung lebih mandiri.

Melalui visi tersebut, FFI diharapkan menjadi festival perayaan tahunan yang lebih profesional dan mampu memaksimalkan potensi. Platform baru ini akan mendorong penguatan FFI ke depan sehingga sistem penyelenggaraannya akan konsisten pada setiap tahun, seperti halnya penyelenggaraan festival film internasional lainnya, jelas Leni Lolang, Ketua FFI 2017.

Salah satu sistem baru yang diterapkan adalah mekanisme penjurian. Sistem tersebut meliputi kriteria penjurian dan pelibatan unsur-unsur film dalam penjurian. Riri Riza dipilih sebagai Ketua Dewan Penjurian FFI 2017 untuk merumuskan karya yang dapat meraih prestasi di FFI 2017.

Riri Riza mengungkapkan terdapat tiga kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian, yaitu gagasan dan tema, kualitas teknik dan estetika, serta profesionalisme. FFI ingin mempromosikan film-film dengan gagasan yang jernih. Film-film yang kita promosikan dan ajukan adalah film dengan pencapaian artistik yang baik, yang dibuat dengan spirit profesionalisme yang tinggi dan keterampilan, ungkap Riri.

Demi mewujudkan hasil terbaik dari sistem penjurian tersebut, FFI 2017 melibatkan partisipasi langsung dari unsur-unsur film. Unsur-unsur film tersebut meliputi asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman. Di dalam penjurian FFI kali ini, fokus ada pemberdayaan kelembagaan. Kami melibatkan asosiasi profesi untuk turut atau aktif dalam mengajukan memberi rekomendasi nominator. Komite juri pun merupakan rekomendasi dari asosiasi profesi, ungkap Riri Riza.

Melalui sistem ini terdapat beberapa tahapan penting yang terjadi pada penyelenggaraan FFI 2017. Tahapan tersebut yaitu pengembangan teknoologi tabulasi, sosiaslisasi pedoman penjurian FFI 2017 kepada asosiasi dan komunitas, proses seleksi awal melalui asosiasi atau komunitas, proses pengajuan juri utama dari asosiasi atau komunitas, pengumuman nominasi, serta proses penjurian akhir dan pengumuman pemenang FFI 2017.

Kabar Terkait

Card image cap

Proses Penjurian FFI Dilakukan dengan Sistem yang Terawasi

Jakarta, Kemendikbud - Festival Film Indonesia (FFI) 2017 akan digelar Sabtu (11/11) malam ini.

Selengkapnya
Card image cap

Persyaratan Keikutsertaan Film dalam FFI 2017

Sebagai puncak dari penghargaan terhadap film dan insan perfilman Indonesia, Festival Film Indonesia memiliki standar yang tinggi yang perlu dipenuhi para pesertanya.

Selengkapnya
Card image cap

Komunitas Ambil Alih Seleksi Film Fiksi Pendek dan Dokumenter

Tahun 2017, Festival Film Indonesia mulai berbenah prihal sistem penjurian.

Selengkapnya