Transisi FFI Jadi Lembaga Mandiri, BPI Masih Jadi Penyelenggara Utama FFI 2017




Oleh: Narariya Lintang
22 September 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 hadir dengan melibatkan unsur-unsur perfilman seperti asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman ke dalam kepanitiaan. Namun Badan Perfilman Indonesia (BPI) sebagai lembaga resmi yang membawahi penyelenggaraan FFI, masih menjadi penyelenggara utama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ketua FFI 2017 Leni Lolang menyatakan bahwa ia berupaya untuk melibatkan semua unsur perfilman menjadi panitia tetap agar FFI lebih mandiri. Namun, pada akhirnya penyelenggaraan tetap dipegang oleh BPI. Masalahnya, untuk pembentukan ini kita enggak bisa langsung memilih begitu saja untuk menempati di setiap posisi itu (kepanitiaan). Kita harus mengumpulkan segala macam unsur, harus mencari yang pas. Semua (unsur) memberikan calonnya. Karena pemikiran itu, FFI dipegang dulu oleh BPI, beber Leni.

Rencana pelibatan unsur-unsur perfilman tersebut pula yang mengantarkannya menjadi Ketua FFI 2017. Kebetulan program yang kami buat sangat sinkron dengan tujuan FFI ke depan, maka dari itu BPI menunjuk saya menjadi ketua (FFI 2017), ujar Leni yang juga menjabat Ketua Bidang Festival Dalam Negeri dan Penghargaan dari BPI.

Upaya BPI melibatkan unsur-unsur perfilman sebagai penyelenggara adalah salah satu langkah baru dalam penyelenggaraan FFI. Pada tahun-tahun sebelumnya, hanya BPI yang berperan sebagai penyelenggara.

BPI mulai menjadi penyelenggara FFI pada tahun 2014. Penyelenggaraan FFI di bawah BPI secara resmi diatur dalam UU No. 33 tahun 2009 Tentang Perfilman. Sebelum BPI terbentuk pada 2014, FFI diselenggarakan oleh Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BP2N).

Kabar Terkait

Card image cap

Keterlibatan Komunitas dan Independen di FFI 2017

Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2017 merancang sebuah sistem baru yang melibatkann unsur-unsur perfilman.

Selengkapnya
Card image cap

Pembaruan dan Peragaman FFI 2017

(Media Indonesia) Seorang pemikir Yunani Herakleitos (540 SM) pernah berucap panta rhei kai uden menei 'semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal tetap'.

Selengkapnya
Card image cap

Demi Jadi Tuan Rumah FFI 2017, Sulut Bersedia Naikkan Anggaran Lima Kali Lipat

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia (FFI) pada 11 November 2017 nanti.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: