Sistem Baru FFI 2017 Menjadi Fondasi untuk FFI Selanjutnya




Oleh: Mazda Radita
22 September 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 merancang sistem baru guna mendorong peningkatan kualitas film Indonesia untuk jangka panjang. Sistem kepanitiaan dan penjurian FFI 2017 direncanakan menjadi sistem penyelenggaraan yang konsisten pada setiap tahun.

Ketua FFI 2017 Leni Lolang menyatakan bahwa sistem yang baru dibentuk dari perbaikan dan penguatan sistem yang telah ada sebelumnya. Perbaikan dan penguatan sistem ini dilakukan agar dapat membentuk panitia tetap, sehingga ke depan FFI dapat berjalan sendiri dan lebih mandiri. Kita membentuk fondasi untuk panitia tetap selanjutnya. Mereka tinggal melanjutkan saja, kata Leni.

Leni mengakui keberadaan sistem baru ini membuat panitia harus beradaptasi dengan cara kerja baru, yang mana juga dihadapkan pada tantangan minimnya waktu persiapan untuk tahun ini.  Memang tidak mudah untuk beradaptasi untuk berjalan lancar, ungkapnya.

Sistem penjurian yang melibatkan unsur-unsur film seperti asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman merupakan salah satu sistem baru yang diangkat di FFI 2017 ini. Leni menyatakan bahwa sistem baru tersebut adalah tantangan bagi unsur-unsur film untuk membentuk mekanisme dalam penilaian film. Tidak semua kami ajari. Harus ini, harus itu. Mungkin kami hanya membantu memberikan perbandingan dengan asoosiasi lainnya. Selanjutnya, kami serahkan kembali kepada asosiasi untuk membuat seperti apa, terang Leni.

Leni menambahkan bahwa setelah FFI 2017 selesai, persiapan menuju FFI 2018 akan langsung dimulai kembali. Pada Januari kita bertemu dengan asosiasi untuk memulai penjurian. Melakukan penilaian. Sehingga kita bisa melakukan penilaian sepanjang satu tahun, beber perempuan yang juga menjabat Ketua Bidang Festival Dalam Negeri dan Penghargaan BPI ini.

Kabar Terkait

Card image cap

Visi Penjurian FFI 2017: Legitimasi sebagai Pencapaian Tertinggi Film Indonesia

Sebagai ajang penganugerahan insan film paling legendaris di Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) 2017 berupaya memperkuat legitimasi sebagai pencapaian tertinggi film Indonesia.

Selengkapnya
Card image cap

Penjurian FFI 2017: Setiap Asosiasi Punya Acuan Penilaian

Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini turut melibatkan asosiasi dalam menentukan pemenang dan nominasi.

Selengkapnya
Card image cap

Ketua FFI 2017: Tantangan FFI Tahun Ini dan ke Depan

Festival Film Indonesia (FFI) telah lama dielu-elukan sebagai ajang penghargaan tertinggi dalam perfilman Indonesia.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: