Keterlibatan Komunitas dan Independen di FFI 2017




Pertemuan Komunitas Film Indonesia pada tahun 2016

Oleh: Yulaika Ramadhani
22 September 2017

Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2017 merancang sebuah sistem baru yang melibatkann unsur-unsur perfilman. Tahun ini panitia mendorong FFI menjadi kerja kolektif kolegial yang mendapat dukungan dari unsur profesi perfilman. Sehingga dalam penyelenggaraan FFI pada 11 November 2017 mendatang, agenda ini melibatkan asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman ke dalam kepanitiaan serta penjurian.

Ketua FFI 2017 Leni Lolang menyatakan keterlibatan penyelenggara festival di daerah dan komunitas sudah berlangsung selama jalannya FFI 2017. Contohnya di dalam penjurian, seleksi film-film pendek fiksi diberikan kepada CLC dan Boemboe Forum. Dokumenter ada Indocs dan FFD. Itu keterlibatannya mulai terlihat sekarang, kata Leni.

Leni juga menyebutkan bahwa keterlibatan lain dari komunitas adalah dalam program pendamping. Kita meminta teman-teman komunitas untuk screening ketika FFI. Itu sudah pasti melibatkan, ucap Leni.

Leni juga membocorkan bahwa ke depannya ada rencana membuat Kongres Festival Film se-Indonesia. Kongres ini diharapkan dapat menjadi waktu berkumpul penyelenggara festival untuk saling bersinergi. Nantinya akan ada kalender tahunan, yang puncaknya adalah FFI. Secara otomatis semua komunitas terlibat, beber Leni yang juga menjabat Ketua Bidang Festival Dalam Negeri dan Penghargaan dari BPI.

Dalam pandangan Leni, sistem baru ini ke depannya akan lebih banyak melibatkan komunitas film dari segala lini. Leni optimis bahwa data-data tersebut akan jauh lebih mudah terkumpul dengan sistem baru ini. Karena secara otomatis film yang difestivalkan pasti masuk data. Semua data terjangkau. Ke depannnya seperti itu, ungkap Leni.

Lebih lanjut lagi, Leni menganjurkan semua pihak, termasuk komunitas memanfaatkan waktu yang tinggal dua bulan setengah ini. Hal ini bertujuan agar jangan sampai ada film pendek fiksi dan dokumenter yang tidak tersentuh. Leni menganjurkan mereka mendaftar melalui jaringan yang ditunjuk.

Kabar Terkait

Card image cap

Transisi FFI Jadi Lembaga Mandiri, BPI Masih Jadi Penyelenggara Utama FFI 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 hadir dengan melibatkan unsur-unsur perfilman seperti asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman ke dalam kepanitiaan.

Selengkapnya
Card image cap

Sistem Penjurian FFI 2017 Melibatkan Asosiasi

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Selengkapnya
Card image cap

Proses Penjurian FFI Dilakukan dengan Sistem yang Terawasi

Jakarta, Kemendikbud - Festival Film Indonesia (FFI) 2017 akan digelar Sabtu (11/11) malam ini.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: