Malam Penganugrahan FFI: Memasyarakatkan Film ke Daerah




Malam Pengumuman Nominasi FFI 2017

Oleh: Adinda Zakiah
1 Oktober 2017

Kota Manado telah dipilih sebagai penyelenggara malam penganugrahan FFI 2017. Ini melanjutkan tradisi FFI beberapa tahun terakhir, yaitu memilih kota yang berbeda sebagai penyelenggara malam penganugerahan di tiap tahunnya. 

Menurut Ketua Bidang Humas FFI 2017 Agung Sentausa, pemilihan kota yang berbeda berdampak positif ke dunia perfilman. Sebab ini akan membangun kedekatan antara para kreator dan masyarakat di daerah lain, tidak hanya di Jakarta. "Yang tidak dapat dipungkiri bahwa memang penyelenggaraan kepada masyarakat di daerah itu dampaknya lebih besar," ujar Agung.

Ketua FFI 2017 Leni Lolang mengungkapkan bahwa tidak ada persyaratan khusus untuk menentukan kota mana yang menjadi penyelenggara malam penganugrahan. Sejak tahun-tahun sebelumnya, pemerintah daerah yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. "Daerahnya mengajukan, pemprovnya yang meminta," ujar Leni. Proses pengajuan ini juga terjadi pada tahun 2014 di Palembang, tahun 2013 di Semarang, tahun 2012 di Jogjakarta, dan tahun 2011 di Batam.

Bagi Leni, pelaksanaan malam penganugrahan di luar Jakarta merupakan tantangan tersendiri karena kesibukan para insan perfilman yang berpusat di Jakarta. "Mereka (insan film) antusiasmenya sangat tinggi, tapi (menyesuaikan) jadwalnya agak sulit,"  ujarnya. Ia mengumpamakan bila penyelengaraannya di Jakarta, para kreator dapat melakukan kegiatan lain sebelum malam penganugerahan. Sedangkan bila malam penganugrahan di luar kota, para kreator harus istirahat beraktivitas minimal tiga hari. "Jadi agak sulit mengatur jadwal syuting. Tidak semua produser mau memberhentikan produksi," ungkap Leni.

Kabar Terkait

Card image cap

Sistem Penjurian FFI 2017 Melibatkan Asosiasi

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Selengkapnya
Card image cap

FFI Gunakan Sistem Penjurian Online

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 menggunakan sistem penjurian online, yaitu menonton film dan memberikan voting melalui website yang telah disiapkan.

Selengkapnya
Card image cap

Transisi FFI Jadi Lembaga Mandiri, BPI Masih Jadi Penyelenggara Utama FFI 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 hadir dengan melibatkan unsur-unsur perfilman seperti asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah, dan komunitas perfilman ke dalam kepanitiaan.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: