Mulai 2017, FFI Buat Kepanitiaan Tetap dan Pedoman Penyelenggaraan Festival




Suasana FFI 2016. Foto oleh Jerry.

Oleh: Narariya Lintang
1 Oktober 2017

Kepanitiaan tetap dan pedoman-pedoman seputar penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) sudah resmi dibuat dan berlaku selama 3 tahun. Pedoman ini akan dijadikan pegangan bagi pola hubungan di antara semua stakeholder untuk berpartisipasi dan menghidupkan festival.

"Dimulai dari sekarang, panitia tetap punya pedoman untuk 3 tahun ke depan yang perlu penyesuaian. Semoga selesai FFI tahun ini kita berusaha menjadi satu lembaga sendiri yang mandiri. Panduan itu sudah jadi rencana kita," ungkap Leni Lolang, ketua FFI 2017.

Pedoman ini dibuat oleh panitia penyelenggara berdasar apa yang sudah dipraktikkan dalam proses penyeleksian dan penjurian tahun-tahun sebelumnya. Ketua Bidang Penjurian FFI 2017 Riri Riza menambahkan bahwa meskipun terdapat dinamika setiap tahunnya, pedoman dasar dan konkret harus selesai tahun ini dan akan disempurnakan pada penyelenggaraan tahun-tahun berikutnya.

"Intinya FFI akan membuat buku pedoman pelaksanaan FFI. Setiap tahun ada dinamikanya. Tetapi, yang konkret seperti ketentuan dasar film yang berpartisipasi itu jenisnya apa saja, periode film yang boleh berpartisipasi. Aturan yang basic sudah harus jadi," ungkap Riri.

Riri kemudian menjelaskan bahwa tantangan festival adalah proses seleksi, mulai dari penentuan tanggal film diputar untuk menjadi nominator, proses pengumuman nominasi, penjurian, penghitungan hingga malam puncak penganugerahan. Kepanitiaan tetap dan pedoman yang dibuat tersebut harapannya mendukung penyelenggaraan FFI yang lebih mandiri setiap tahunnya. Sehingga, mekanisme penjurian bisa lebih terjadwal dan rapi.

Kabar Terkait

Card image cap

Persyaratan Sensor Film dalam FFI 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengambil langkah berbeda terkait syarat sensor.

Selengkapnya
Card image cap

Kontroversi Film Posesif di FFI 2017 dan Status Sensor

Posesif, film perdana produksi Palari Films, mengukir riwayat yang cukup baik bahkan sebelum dirilis di jaringan bioskop besar pada akhir Oktober mendatang.

Selengkapnya
Card image cap

Pembaruan dan Peragaman FFI 2017

(Media Indonesia) Seorang pemikir Yunani Herakleitos (540 SM) pernah berucap panta rhei kai uden menei 'semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal tetap'.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: