Persyaratan Keikutsertaan Film dalam FFI 2017




Suasana FFI 2016. Foto oleh Jerry.

Oleh: Shadia Pradsmadji
1 Oktober 2017

Sebagai puncak dari penghargaan terhadap film dan insan perfilman Indonesia, Festival Film Indonesia memiliki standar yang tinggi yang perlu dipenuhi para pesertanya. Oleh sebab itu, film-film Indonesia yang akan dipertandingkan di FFI harus terlebih dahulu melalui seleksi.

Ketua Bidang Penjurian FFI 2017 Riri Riza menyatakan bahwa sebuah film dapat diikutsertakan pada FFI apabila sudah pernah menjalankan penayangan publik. "Sekarang tidak ada tulisan 'harus main satu minggu', 'harus menjual karcis'. Itu tidak ada. Sekarang itu publik saja. Kalau dia diputar di sebuah festival dan sudah disaksikan publik, publik mengenal judul film itu, ya sudah bisa," jelas Riri.

Riri juga menekankan persyaratan film di FFI 2017 hanya berkaitan dengan tanggal rilis film di publik yang berbeda dengan system FFi sebelumnya. "Tahun ini tidak ada lagi sistem daftar-daftar. Tahun ini kita hanya membuat kompilasi sebaik mungkin dari film yang dirilis sejak 1 Oktober (2016) hingga 30 September (2017). Itu saja. Yang ada di dalam situ, asal sudah diputar di ruang publik semua, bisa direkomendasikan oleh asosiasi," tegas Riri.

Selaras dengan Riri, Ketua FFI 2017 Leni Lolang juga menyatakan hal yang sama terkait syarat film. Ia mengungkapkan film-film tersebut harus sudah pernah ditayangkan di ruang publik, baik melalui penayangan di bioskop, maupun premiere atau mini premiere di bioskop atau ruang nonbioskop yang bersifat umum. "Kami menganjurkan mereka untuk mengadakan pemutaran untuk masyarakat, asosiasi atau media, kalau ingin diikutsertakan pada FFI tahun ini. Syaratnya memang harus premiere meskipun tidak harus sudah dirilis," ujar Leni.

Humas FFI 2017 Agung Sentausa menambahkan juga bahwa pertimbangan penayangan publik sebagai salah satu komponen yang perlu dipenuhi oleh film-film yang hendak diseleksi untuk FFI 2017 adalah agar film-film yang dinominasikan tersebut dikenal oleh masyarakat. "Bayangkan jika ada lima film nominasi, lalu kelima-limanya belum pernah ditayangkan di masyarakat sama sekali, kan masyarakat bingung," kata Agung.

Kabar Terkait

Card image cap

Keterlibatan Komunitas dan Independen di FFI 2017

Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2017 merancang sebuah sistem baru yang melibatkann unsur-unsur perfilman.

Selengkapnya
Card image cap

Sistem Penjurian FFI 2017 Melibatkan Asosiasi

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Selengkapnya
Card image cap

Tantangan & Solusi Penjurian FFI 2017

Festival Film Indonesia (FFI) akan kembali digelar di tahun 2017 ini.

Selengkapnya