Persyaratan Sensor Film dalam FFI 2017




Riri Riza

Oleh: Shadia Pradsmadji
1 Oktober 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengambil langkah berbeda terkait syarat sensor. Pada penyelenggaraan sebelum-sebelumnya film yang mendaftar FFI harus lulus sensor. Namun, pada penyelenggaraan tahun ini tidak disebutkan kata-kata lulus sensor dalam syarat film.

Ketua Bidang Penjurian FFI 2017 Riri Riza menyatakan bahwa titik tekan pada syarat film di tahun ini adalah penayangan publik. "Dalam kriteria tahun ini kita tidak menyebut kata-kata lolos sensor. Kita menekankan periode rilis publik," terang Riri.

Ia mengaku bahwa penghilangan syarat sensor ini disebabkan oleh pengalaman-pengalaman para pembuat film di FFI sebelum-sebelumnya tentang syarat sensor. "Memang tahun-tahun lalu jadi sedikit bikin males, makanya tahun-tahun ini kami lepaskan," ungkap Riri.

"Maka dari itu kami percaya bahwa tidak perlu ada tulisan harus lulus sensor. Yang ada adalah sudah menjalani penayangan publik. Asal sudah diputar di publik, bisa direkomendasikan oleh asosiasi," sambungnya.

FFI dikenal sebagai festival yang sangat erat dengan pemerintah. Namun, Riri menilai penghapusan syarat sensor di FFI ini tidak menimbulkan permasalahan. "Sejauh ini sih tidak ada masalah secara politis," kata Riri.

Namun Riri menekankan bahwa film yang diputar ke publik, khususnya di bioskop, harus lulus sensor. "Kita harus menyadari film di Indonesia berada di bawah aturan hukum undang-undang, kalau film dirilis publik harus lulus sensor," ujar Riri. "Kalau main di bioskop tetap harus lolos sensor," tutup Riri.

Kabar Terkait

Card image cap

FFI 2017 Usung Tema Keragaman

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengusung tema keragaman Indonesia.

Selengkapnya
Card image cap

Ketua FFI 2017: FFI 2017 Menyebarkan Pesan Keragaman yang Indah

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengangkat keragaman sebagai tema besarnya.

Selengkapnya
Card image cap

Penjurian FFI 2017: Setiap Asosiasi Punya Acuan Penilaian

Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini turut melibatkan asosiasi dalam menentukan pemenang dan nominasi.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: