Tantangan & Solusi Penjurian FFI 2017




Suasana FFI 2016. Foto oleh Anti.

Oleh: Yulaika Ramadhani
1 Oktober 2017

Festival Film Indonesia (FFI) akan kembali digelar di tahun 2017 ini. Sistem penjurian selalu berkembang di setiap tahunnya. Pengembangan dan perbaikan system penjurian dilakukan untuk meningkatkan kualitas penjurian FFI sebagai pencapaian tertinggi film Indonesia. Dua terobosan sistem penjurian adalah pemakaian voting dan perjanjian profesional dengan juri.

Riri Riza, Ketua Bidang Penjurian FFI 2017 mengatakan bahwa sistem voting sudah berjalan selama 3 tahun terakhir dan sudah cukup diterima publik. Sistem ini dilakukan melalui kerjasama dengan suatu lembaga pembuat aplikasi serta penghitungan yang dilakukan oleh lembaga akuntig terpercaya. "Sistemnya voting, jadi tidak ada diskusi juri seperti 4 atau 5 tahun lalu. 4 atau 5 tahun yang lalu biasanya jurinya 10. Misalnya dipilih 10 orang, ada kritikus, budayawan, sutradara, aktor, kemudian mereka nonton film yang menjadi unggulan, lalu rapat untuk menentukan," jelas Riri.

Riri juga menyatakan bahwa terdapat beberapa keluhan yang terjadi di tahun sebelumnya. Ia menjelaskan bahwa tahun lalu, beberapa juri mengaku tidak menonton semua film. Riri menyatakan bahwa di tahun ini mereka mengupayakan agar semua juri bisa menonton semua film. "Akan ada agreement, surat ikatan kerja, dan meminta mereka untuk bekerja secara bertanggung jawab," terang Riri.

Ia juga menjelaskan bahwa pihak FFI telah bekerja sama dengan bioskop untuk meminta film minimal diputar 2 kali. Sehingga, juri-juri mempunyai kesempatan untuk memilih di antara 2 jadwal pemutaran tersebut. "Selain itu jika secara daring, semua juri mendapat password dan bisa dilihat oleh adminnya; apakah mereka tahu apakah juri sudah menonton apa belum. Setiap pemutaran di bioskop akan ada absen," urai Riri.

Kabar Terkait

Card image cap

Kilas Balik: Festival Film Indonesia dari Masa ke Masa

Festival Film Indonesia (FFI) merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia.

Selengkapnya
Card image cap

Malam Penganugrahan FFI: Memasyarakatkan Film ke Daerah

Kota Manado telah dipilih sebagai penyelenggara malam penganugrahan FFI 2017.

Selengkapnya
Card image cap

Bakal Menjadi Lembaga Mandiri, FFI 2017 Masih Butuh Dukungan Pemerintah

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja lembaga yang berbeda.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: