Penata Rias: Nominasi Baru FFI




Ilustrasi shooting. Sumber: kampungseniyudhaasri.com

Oleh: Julita Pratiwi
1 Oktober 2017

Dalam setiap penyelanggaraan festival film, terdapat sejumlah penghargaan yang amat mungkin bertambah atau berubah. Perubahan itu mengikuti kebutuhan untuk mengangkat eksistensi profesi dan adanya kesadaran akan profesi dalam ekosistem perfilman yang semakin beragam. Begitu halnya dengan FFI, dalam beberapa tahun terakhir ini terlihat adanya upaya untuk mengangkat eksistensi sejumlah profesi. Yang terbaru adalah munculnya Penghargaan Penata Rias Terbaik.

Ketua Bidang Penjurian FFI 2017 Riri Riza menyatakan bahwa penghargaan ini diadakan sebagai upaya untuk mengapresiasi profesi penata rias. "Pertimbangannya karena sudah sangat visible sekarang, sudah menjadi profesi yang cukup hidup. Maksudnya saya sudah bekerja dengan penata rias yang sama dalam 4-5 film terakhir. Sejak pertama Kali bikin film tahun 2000-an pun sudah ada penata rias profesional. Dengan tim lho, bukan hanya sendiri." jelas Riri Riza sembari menjelaskan pengalamannya dalam bekerja sama dengan Penata Rias.

Penghargaan Penata Rias ini mengikuti jejak Penghargaan Penata Kostum Terbaik yang diluncurkan pada 2015. Dua profesi ini sudah ada sejak lama, namun belum terlalu terangkat posisinya untuk diapresiasi. Sebelumnya, dua profesi ini masuk dalam kategori Penghargaan Tata Artistik Terbaik.

Riri Riza mengatakan bahwa asosiasi penata rias belum ada, sehingga penata artistik yang akan merekomendasikan nominator penghargaan ini. "Jadi yang mengajukan calon adalah dari penata artistik yang juga berhubungan dengan penata rias, yang memberi penilaian akhir seluruh juri dari semua unsur," ujar Riri.

Kabar Terkait

Card image cap

Manado Jadi Lokasi Malam Puncak FFI 2017

Manado dipilih sebagai penyelenggara malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2017 pada 11 November 2017.

Selengkapnya
Card image cap

Pembaruan dan Peragaman FFI 2017

(Media Indonesia) Seorang pemikir Yunani Herakleitos (540 SM) pernah berucap panta rhei kai uden menei 'semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal tetap'.

Selengkapnya
Card image cap

Demi Jadi Tuan Rumah FFI 2017, Sulut Bersedia Naikkan Anggaran Lima Kali Lipat

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia (FFI) pada 11 November 2017 nanti.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: