Bakal Menjadi Lembaga Mandiri, FFI 2017 Masih Butuh Dukungan Pemerintah




Suasana FFI 2016. Foto oleh Dina.

Oleh: Restu Yuda
1 Oktober 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja lembaga yang berbeda. Pada gelaran tahun ini FFI lebih banyak melibatkan asosiasi profesi dan komunitas film. Sehingga, peran pemerintah tidak lagi sebanyak penyelenggaraan sebelumnya.

"Nah, pada saat FFI berjalan didukung Kemenpar, masih ada BP2N (Badan Pertimbangan Perfilman Nasional). BP2N inilah dulu yang menyelenggarakan FFI. BP2N yang membentuk kepanitiaan FFI. Setelah BP2N tidak ada, dibentuklah BPI (Badan Perfilman Indonesia)," jelas Leni Lolang, Ketua Panitia FFI 2017.

Masih menurut Leni, BPI tengah berupaya mengubah sistem Festival Film Indonesia (FFI) agar memiliki panitia tetap kedepannya. Tujuannya adalah menjadikan FFI lembaga yang mandiri. Maka dari itu peran pemerintah berkurang.

Meski begitu, Leni menegaskan bahwa FFI masih membutuhkan dukungan pemerintah. Apalagi, FFI masih bertumpu pada dana yang diberikan pemerintah. "Kita tetep perlu pemerintah untuk mendukung. Terutama FFI kan sebagian dibiayai oleh pemerintah. Pembiayaan masih bergantung pemerintah," tegas Leni.

Leni mengatakan bahwa pemerintah masih akan menjadi pendukung FFI, meskipun FFI nantinya menjadi lembaga yang mandiri. Dengan berkurangnya campur tangan pemerintah, FFI akan menjadi milik insan perfilman Indonesia. Selain itu, festival film tahunan ini akan terhindar dari intervensi pihak lain. "Selanjutnya ketika menjadi mandiri, pemerintah menjadi pendukung, tentunya pembiayaaan tetap ada. Tapi di dalam bentuknya seperti apa, apa yang akan berjalan sepenuhnya adalah milik insan film. Tidak ada pesanan-pesanan," ujar Leni.

Kabar Terkait

Card image cap

Pembaruan dan Peragaman FFI 2017

(Media Indonesia) Seorang pemikir Yunani Herakleitos (540 SM) pernah berucap panta rhei kai uden menei 'semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu pun yang tinggal tetap'.

Selengkapnya
Card image cap

Penata Rias: Nominasi Baru FFI

Dalam setiap penyelanggaraan festival film, terdapat sejumlah penghargaan yang amat mungkin bertambah atau berubah.

Selengkapnya
Card image cap

Kontroversi Film Posesif di FFI 2017 dan Status Sensor

Posesif, film perdana produksi Palari Films, mengukir riwayat yang cukup baik bahkan sebelum dirilis di jaringan bioskop besar pada akhir Oktober mendatang.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: