Komunitas Ambil Alih Seleksi Film Fiksi Pendek dan Dokumenter




Siswa SMK dalam pelatihan oleh Sangkanparan Cilacap

Oleh: Adinda Zakiah
1 Oktober 2017

Tahun 2017, Festival Film Indonesia mulai berbenah prihal sistem penjurian. Peran asosiasi profesi makin ditingkatkan dalam penyelenggaraan tahun ini, terutama dalam proses seleksi dan penjurian film. FFI telah bekerja sama dengan sembilan asosiasi film dan empat komunitas. Tiap asosiasi profesi bertanggung jawab atas penilaian profesi mereka melalui voting, kecuali penjurian Film Fiksi Pendek dan Dokumenter.

Pengecualian dalam kategori fiksi pendek dan dokumenter disebabkan oleh tidak adanya asosiasi film fiksi pendek dan dokumenter. "Kami bekerja sama dengan komunitas yang biasa menyelenggarakan program pelatihan serta festival film pendek dan dokumenter untuk mengajukan calon tiap kategori," ujar Ketua Penjurian FFI 2017 Riri Riza.

Proses seleksi film pendek dipegang oleh Boemboe Forum, sementara untuk film dokumenter diseleksi oleh In-Docs. Riri menjelaskan bahwa komunitas-komunitas tersebut menjadi yang berwenang untuk mengeluarkan daftar nominator. Namun, tidak menutup kemungkinan komunitas lain untuk turut mengajukan calon kepada mereka. "Keterlibatan komunitas lain juga bisa diterima dalam menyeleksi," jelas Riri.

Riri pun mengungkapkan bahwa komunitas-komunitas tersebut juga memiliki perwakilan dalam proses penjurian untuk 22 nominasi. "Komunitas masing-masing maksimal 2," tutup Riri.

Kabar Terkait

Card image cap

Penjurian FFI 2017: Setiap Asosiasi Punya Acuan Penilaian

Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini turut melibatkan asosiasi dalam menentukan pemenang dan nominasi.

Selengkapnya
Card image cap

Keterlibatan Komunitas dan Independen di FFI 2017

Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2017 merancang sebuah sistem baru yang melibatkann unsur-unsur perfilman.

Selengkapnya
Card image cap

Ketua FFI 2017: FFI 2017 Menyebarkan Pesan Keragaman yang Indah

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengangkat keragaman sebagai tema besarnya.

Selengkapnya