Komunitas Ambil Alih Seleksi Film Fiksi Pendek dan Dokumenter




Siswa SMK dalam pelatihan oleh Sangkanparan Cilacap

Oleh: Adinda Zakiah
1 Oktober 2017

Tahun 2017, Festival Film Indonesia mulai berbenah prihal sistem penjurian. Peran asosiasi profesi makin ditingkatkan dalam penyelenggaraan tahun ini, terutama dalam proses seleksi dan penjurian film. FFI telah bekerja sama dengan sembilan asosiasi film dan empat komunitas. Tiap asosiasi profesi bertanggung jawab atas penilaian profesi mereka melalui voting, kecuali penjurian Film Fiksi Pendek dan Dokumenter.

Pengecualian dalam kategori fiksi pendek dan dokumenter disebabkan oleh tidak adanya asosiasi film fiksi pendek dan dokumenter. "Kami bekerja sama dengan komunitas yang biasa menyelenggarakan program pelatihan serta festival film pendek dan dokumenter untuk mengajukan calon tiap kategori," ujar Ketua Penjurian FFI 2017 Riri Riza.

Proses seleksi film pendek dipegang oleh Boemboe Forum, sementara untuk film dokumenter diseleksi oleh In-Docs. Riri menjelaskan bahwa komunitas-komunitas tersebut menjadi yang berwenang untuk mengeluarkan daftar nominator. Namun, tidak menutup kemungkinan komunitas lain untuk turut mengajukan calon kepada mereka. "Keterlibatan komunitas lain juga bisa diterima dalam menyeleksi," jelas Riri.

Riri pun mengungkapkan bahwa komunitas-komunitas tersebut juga memiliki perwakilan dalam proses penjurian untuk 22 nominasi. "Komunitas masing-masing maksimal 2," tutup Riri.

Kabar Terkait

Card image cap

Kontroversi Film Posesif di FFI 2017 dan Status Sensor

Posesif, film perdana produksi Palari Films, mengukir riwayat yang cukup baik bahkan sebelum dirilis di jaringan bioskop besar pada akhir Oktober mendatang.

Selengkapnya
Card image cap

Visi Penjurian FFI 2017: Legitimasi sebagai Pencapaian Tertinggi Film Indonesia

Sebagai ajang penganugerahan insan film paling legendaris di Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) 2017 berupaya memperkuat legitimasi sebagai pencapaian tertinggi film Indonesia.

Selengkapnya
Card image cap

Sistem Penjurian FFI 2017 Melibatkan Asosiasi

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: