Demi Jadi Tuan Rumah FFI 2017, Sulut Bersedia Naikkan Anggaran Lima Kali Lipat




Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw

Oleh: Restu Yuda
1 Oktober 2017

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia (FFI) pada 11 November 2017 nanti. Demi kesuksesan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Tanah Air tersebut, Pemprov Sulut siap menaikkan anggaran hingga hampir lima kali lipat.

Sebelumnya, FFI hanya mendapatkan alokasi anggaran sebesar 2,6 miliar rupiah dari APBD induk 2017. Namun, jumlah tersebut dirasa tak cukup. Dalam APBD-P 2017 ditambah sebesar 8 miliar rupiah. Total anggaran yang dialokasikan menjadi sebesar 10,6 miliar Rupiah, hampir lima kali lipat rencana awal.

Persetujuan Komisi IV DPRD Sulut terkait penambahan anggaran ini langsung didapat demi memajukan program pariwisata Sulut. Program pariwisata Sulut diproyeksi akan terdongkrak oleh datangnya artis-artis top ibukota dan Presiden Joko Widodo ke Sulut.

Dalam pembahasan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Fredrik Rotinsulu menjelaskan bahwa penyelenggaraan FFI nyaris tak digelar di Sulut. Menurut dia, awalnya program itu tak mendapat dukungan anggaran maksimal dari pemerintah pusat, serta anggaran dukungan dari Pemprov juga minim. "Tapi karena Pak Gubernur menyatakan FFI akan dilaksanakan di Sulut, maka diusulkan anggaran ditambah dalam perubahan sebesar 8 miliar rupiah. Yang jelas peruntukan anggaran tambahan ini untuk pembayaran honor juri dan artis, akomodasi serta tamu undangan lain," terang Rotinsulu.

Terkait anggaran tersebut, Komisi IV DPRD Sulawesi Utara mengingatkan agar Pemrpov harus hati-hati dalam pembayaran honor. Hal itu berkaca dari pelaksanaan Apresiasi Film Indonesia (AFI) yang digelar di Sulut beberapa waktu lalu, yang mana banyak temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI soal honor artis yang bermasalah.

Kabar Terkait

Card image cap

Penjurian FFI 2017: Setiap Asosiasi Punya Acuan Penilaian

Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini turut melibatkan asosiasi dalam menentukan pemenang dan nominasi.

Selengkapnya
Card image cap

Kilas Balik: Festival Film Indonesia dari Masa ke Masa

Festival Film Indonesia (FFI) merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia.

Selengkapnya
Card image cap

Penata Rias: Nominasi Baru FFI

Dalam setiap penyelanggaraan festival film, terdapat sejumlah penghargaan yang amat mungkin bertambah atau berubah.

Selengkapnya