FFI Gunakan Sistem Penjurian Online




Juri FFI 2017

Oleh: Restu Yuda
16 Oktober 2017

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 menggunakan sistem penjurian online, yaitu menonton film dan memberikan voting melalui website yang telah disiapkan. Sejumlah 75 juri terlibat dalam penjurian ini. Para juri tersebut merupakan perwakilan 16 asosiasi film dan 16 orang juri mandiri. FFI mengundang juri mandiri yang tidak terikat oleh organisasi atau asosiasi yang juga memiliki keterkaitan dengan film, media, seni, kajian, politik, dan budaya untuk bisa memilih pemenang FFI 2017.

"Jadi nanti setelah ini ada 75 juri yang menilai secara one man one vote melalui website. Ada prosedur menonton, prosedur memasukkan pasword dan juri bisa vote," ujar Riri Riza, Ketua Bidang Penjurian FFI 2017. Riri menyampaikan bahwa sistem voting ini sudah dilakukan sejak gelaran FFI 2014.

"Ini metodenya lebih milih, seperti Academy Awards. Tidak ada bias karena tidak ada argumentasi. Jadi memang kita menyerahkan sepenuhnya pemilihan film berdasar pengalaman masing-masing juri. Kita dari panitia hanya menyerahkan informasi sebanyak-banyaknya, seperti sinopsis film, latar belakang pembuatnya, dan lain sebagainya. Kami tidak punya kuasa untuk memilih film, semuanya dari asosiasi. Yang penting itu sesuasi kriteria," jelas Riri.

Mulai 10-24 Oktober 2017 penjurian akhir dimulai melalui dua metode, yaitu menonton film secara online dan di bioskop. Penjurian di bioskop dilakukan hanya untuk penilaian beberapa kategori, yakni film terbaik, sinematografi, tata artistik, tata suara, musik, dan efek visual. Kategori lainnya dapat dinilai dengan menonton melalui website.

"24 dan 25 Oktober adalah tanggal terakhir pemberian suara oleh juri. Pemberian suara dilakukan melalui website penjurianffi2017.com. Nanti di situ bisa juga melakukan nonton film secara online," terang Koordinator Tim Penjurian FFI 2017, Rangga Wisesa.

Kabar Terkait

Card image cap

Mulai 2017, FFI Buat Kepanitiaan Tetap dan Pedoman Penyelenggaraan Festival

Kepanitiaan tetap dan pedoman-pedoman seputar penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) sudah resmi dibuat dan berlaku selama 3 tahun.

Selengkapnya
Card image cap

Sistem Penjurian FFI 2017 Melibatkan Asosiasi

Festival Film Indonesia (FFI) 2017 memiliki sistem kerja yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya.

Selengkapnya
Card image cap

Malam Penganugrahan FFI: Memasyarakatkan Film ke Daerah

Kota Manado telah dipilih sebagai penyelenggara malam penganugrahan FFI 2017.

Selengkapnya

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcached' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: