Bertemu Jokowi, Komite FFI Dukung Pengusulan Usmar Ismail Jadi Pahlawan Nasional
06 Sep 2021

Bertemu Jokowi, Komite FFI Dukung Pengusulan Usmar Ismail Jadi Pahlawan Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021 Reza Rahadian mengatakan, pihaknya mendukung usulan agar sutradara Usmar Ismail ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional di bidang perfilman.

Hal itu ia sampaikan saat bertemu Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (6/9/2021).

Selain itu, Reza juga menyampaikan soal pelaksanaan FFI. Ia mengundang Jokowi untuk hadir pada malam puncak penganugerahan FFI 2021 pada 10 November mendatang.

"FFI mendukung Pak Haji Usmar Ismail untuk di tahun ini bertepatan dengan 100 tahun perayaan Usmar Ismail bisa disematkan menjadi pahlawan nasional di bidang budaya," ujar Reza kepada wartawan seusai pertemuan.

Sosok Usmar Ismail selama ini dikenal sebagai Bapak Perfilman Nasional. Sineas kelahiran Bukittinggi, 20 Maret 1921 ini menjadi salah satu tokoh penting bagi perfilman Indonesia.

Sepanjang kariernya, Usmar Ismail telah membuat lebih dari 30 film. Beberapa film produksi Usmar Ismail yang terkenal yakni Pedjuang (1960), Enam Djam di Djogja (1956), Tiga Dara (1956) dan Asrama Dara (1958).

Tak hanya itu, film arahan Usmar Ismail berjudul Darah dan Doa (The Long March of Siliwangi) yang diproduksi tahun 1950, menjadi film pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara berdaulat.

Hari pertama syuting film tersebut, kemudian diresmikan menjadi Hari Film Nasional oleh Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie bersama Dewan Film Nasional.

Bersama Asrul Sani, ia memprakarsai berdirinya Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) tahun 1955 yang menjadi lembaga kesenian pertama di Jakarta.

Usmar Ismail meninggal pada 2 Januari 1971 dalam usia 49 tahun karena serangan stroke. Namanya diabadikan menjadi nama Gedung Pusat Perfilman yang berlokasi di Jakarta dan ruang pertunjukan opera, musik dan teater hingga sekarang.

Penulis: Dian Erika Nugraheny
Editor: Kristian Erdianto
Artikel asli: https://nasional.kompas.com/read/2021/09/06/13321131/bertemu-jokowi-komite-ffi-dukung-pengusulan-usmar-ismail-jadi-pahlawan

Bagikan: