Logo FFI
Pendaftaran Ditutup, Kategori Baru Dibuka
03 Sep 2021

Pendaftaran Ditutup, Kategori Baru Dibuka

Pendaftaran Festival Film Indonesia (FFI) 2021 resmi ditutup pada tanggal 31 Agustus 2021 lalu. Sejak dibuka pada tanggal 15 Juli 2021 lalu, Komite FFI sudah menerima sejumlah film, baik film cerita panjang, film pendek, film dokumenter maupun film animasi, dan karya kritik film secara daring.

Setelah melalui proses akumulasi, tercatat sebanyak 69 judul film cerita panjang yang mendaftar, 386 judul film cerita pendek, 51 judul film animasi pendek, 4 judul film animasi panjang, 97 judul film dokumenter pendek, dan 15 judul film dokumenter panjang. Selain itu, Komite FFI juga telah menerima sebanyak 156 judul karya kritik film.

Antusiasme para sineas untuk mengikuti FFI tahun ini terlihat dari jumlah film yang telah mendaftar. Untuk film cerita panjang, dari 88 judul yang terdata tayang selama periode tanggal 1 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2021 (11 bulan), sebanyak 69 judul di antaranya telah mendaftar untuk ikut berkompetisi di FFI 2021.

Jumlah tersebut sedikit lebih banyak dibandingkan dengan pendaftar tahun lalu, yaitu 65 judul untuk periode tayang selama 12 bulan. Selain itu, 4 judul turut mendaftar untuk kategori film animasi panjang yang tahun sebelumnya tidak dikompetisikan. Peserta kategori film dokumenter panjang juga meningkat signifikan tahun ini sebanyak 15 judul dari hanya 4 judul tahun lalu.

Garin Nugroho, Ketua Bidang Penjurian FFI 2021, mengatakan, “Banyaknya jumlah yang mendaftar menunjukan tingginya minat insan film untuk turut serta membangkitkan film Indonesia di rumahnya sendiri.” Garin juga menambahkan, “Antusiasme insan film mendaftarkan filmnya ke FFI, menjadi cermin produktivitas dan kebersamaan insan film di tengah pandemi. Cermin keberagaman tema dan genre, bertumbuhnya generasi baru, serta upaya terobosan di tengah Pandemi.”

Komite FFI 2021 mengucapkan terima kasih kepada semua pembuat film dan pengulas film yang telah mendaftarkan karyanya, serta partisipasi dan dukungan asosiasi dan Badan Perfilman Indonesia (BFI). Semua film dan karya kritik film tersebut akan melalui proses seleksi dan penjurian yang daftar nominasinya akan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2021. Malam puncak anugerah Piala Citra FFI 2021 akan dilakukan pada tanggal 10 November 2021.

Dengan ditutupnya pendaftaran Festival Film Indonesia 2021, pemilihan kategori baru dengan penghargaan khusus, yaitu film, aktor, dan aktris terfavorit pilihan penonton, resmi dibuka mulai tanggal 1 September 2021 dan akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2021.

Film yang dapat dipilih adalah semua film yang tayang selama periode tanggal 1 Oktober 2020 - 31 Agustus 2021. Begitu juga dengan aktor dan aktris adalah mereka yang filmnya tayang selama periode tersebut. Masyarakat pencinta film Indonesia dapat turut berpartisipasi memberikan pilihannya melalui website resmi FFI.

Reza Rahadian, Ketua Komite FFI 2021, sangat mengharapkan masyarakat pencinta film Indonesia sebagai bagian dari ekosistem perfilman Indonesia dapat ikut memeriahkan FFI tahun ini. Menurut Reza, “Penonton film Indonesia merupakan bagian yang sangat penting dalam pertumbuhan film Indonesia, sehingga partisipasi mereka tidak dapat dipisahkan.”

“Membaca arah pergerakan penonton film Indonesia akan turut berpengaruh pada produktivitas film Indonesia. Melalui mekanisme pemilihan kategori terfavorit pilihan penonton ini, FFI diharapkan mampu memiliki data pergerakan penonton. Ayo pilih aktor, aktris, dan film Indonesia favorit kalian,” tambah Reza.

Prilly Latuconsina, salah satu Duta FFI 2021, menyambut gembira kategori terfavorit pilihan penonton ini. “Senang sekali kali ini ada pilihan favorit penonton. Karena menurutku, penonton juga juri untuk bagaimana aktor bisa mengambil hati dan membuat penonton bisa merasakan emosi yang disampaikan. Kritik dari penonton dan rasa yang sampai ke hati penonton juga bisa menjadi bahan dan motivasi aktor untuk mengevaluasi performanya,” ungkap Prilly.

Direktur Perfilman Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Ahmad Mahendra, menyampaikan apresiasi atas kinerja Komite FFI yang telah berhasil membuat sineas film Indonesia berlomba-lomba untuk mendaftarkan karyanya.

“Terima kasih kepada para sineas Indonesia, yang telah mendaftarkan karyanya pada FFI 2021. Semoga ini bisa memberikan semangat untuk para pegiat perfilman Indonesia lainnya. Sekarang kita tinggal menunggu dipilihnya karya terbaik dari karya-karya baik yang telah masuk ke meja penjurian," pungkas Mahendra.

Pemenang kategori terfavorit pilihan penonton dapat kamu ketahui pada malam puncak anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021, yang akan diselenggarakan pada 10 November 2021. Jadi, jangan lupa untuk memilih film, aktor, dan aktris favoritmu sekarang juga!


Bagikan: